Selasa, 30 November 2010

PERUBAHAN KATA-KATA BAKU TERBARU

Pada zaman sekarang ini banyak orang yang sudah tidak memakai bahsa baku. Bahasa yang digunakan adalah bahasa dari pengaruh bahasa lain. Sehingga maknanya kadang tidak serupa dengan bahasa yang semestinya. Ejaan baku adalah adalah ejaan yang benar, sedangkan ejaan tidak baku adalah ejaan yang tidak benar atau ejaan salah. Dalam Pedoman Kata baku sebenanya merupakan kata yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan. Konteks penggunaannya adalah dalam kalimat resmi, baik lisan maupun tertulis dengan pengungkapan gagasan secara tepat. Suatu kata bisa diklasifikasikan tidak baku bila kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang ditentukan.
Yang dimaksud dengan bahasa baku adalah salah satu ragam bahasa yang dijadikan pokok, yang diajukan dasar ukuran atau yang dijadikan standar. Ragam bahasa ini lazim digunakan dalam:
1. Komunikasi resmi, yakni dalam surat menyurat resmi, surat menyurat dinas, pengumuman-pengumuman yang dikeluarkan oleh instansi resmi, perundang-undangan, penamaan dan peristilahan resmi, dan sebagainya.
2. Wacan teknis seperti dalam laporan resmi, karang ilmiah, buku pelajaran, dan sebagainya.
3. Pembicaraan didepan umum, seperti dalam ceramah, kuliah, pidato dan sebagainya.
4. Pembicaraan dengan orang yang dihormati dan sebagainya. Pemakaian (1) dan (2) didukung oleh bahasa baku tertulis, sedangkan pemakaian (3) dan (4) didukung oleh ragam bahasa lisan. Ragam bahasa baku dapat ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:
Contoh kata baku :
- cantik sekali – cantik banget
- lurus saja – lempeng saja
- masih kacau – masih sembraut
- uang – duit
- tidak mudah – enggak gampang
- diikat dengan kawat – diikat sama kawat
- bagaimana kabarnya – gimana kabarnya
- ekspres – ekspres, espres
- menggunakan – make
- kalaw – kalo,kalo’
- habis – abis
- dengan – sama
- senin – senen
- mantap – mantep
- pergi –pegi
- hilang – ilang
- dalam – dalem
-mengontrak – ngontrak
-mempesona – memesona
-mensetrika - menyetrika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar