Rabu, 06 Oktober 2010

Windows Media Player

Windows Media Player adalah perangkat lunak pemutar musik, video, dan gambar (foto) yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi playback terhadap file multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA, WMV, atau ASF), MPEG Audio Layer3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya.Bagian yang lain dari platform Windows Media adalah Windows Media Service (dulunya dikenal dengan NetShow Server), yang berfungsi untuk mengalirkan data multimedia digital dengan menggunakan tekhnologi multimedia streaming.

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Windows Media Player adalah sebagai berikut.
1. Ripping CD Audio ke dalam format Windows Media Audio (WMA). Ripping merupakan istilah konversi dari format CD audio ke format yang lebih kecil untuk menghemat hardisk, contohnya format mp3 dan WMA.
2. Untuk meng-organize file multimedia (media library). Dengan fasilitas ini kamu tidak akan kesulitan mencari file-file multimedia karena dapat disusun berdasarkan urutan name artis, album, genre, atau jenis aliran, dan bahkan rating yang dapat kamu berikan sendiri.
3. Pemutar web radio. Meskipun masih jarang digunakan di Indonesia, namun fasilitas ini membantu kamu yang hendak mendengarkan siaran radio dari negara-negara lain, tanpa membutuhkan antena.
4. Pemutar CD, MP3, DVD. Fasilitas ini paling sering digunakan dalam fungsinya sebagai multimedia player.

Berbagai support dan update terbaru dari Windows Media Player
Dapat dengan mudah didownload dari situs resmi milik Microsoft. Windows Media Player terbaru saat ini telah berkembang sampai ke versi 11 (WMP 11). Berbagai plug in atau kelengkapan tambahan yang bebas biaya pun dapat kamu download langsung dari internet. Fungsinya beragam mulai dari pengganti skin, visualisasi, bahkan penataan suara.

Untuk dapat menikmati fitur multimedia Windows Media Player
Sama sekali tidak sulit. Cukup dengan memilih langsung file multimedia yang
akan dimainkan lewat File-Open File. Windows Media Player dapat membaca
file multimedia yang terdapat pada harddisk, cakram (CD dan DVD), dan removable
removable storage seperti USB drive. Jika opsi autoplay pada komputermu
diaktifkan maka cukup pilih Play with Media Player pada jendela autoplay saat
kamu memasukkan CD atau removable disk sehingga Windows media Player akan
langsung membaca dan memainkan file tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar