Rabu, 06 Oktober 2010

Notepad dalam Komputer

Notepad adalah sebuah aplikasi pengolah kata dasar yang dapat digunakan untuk membuat dokumen sederhana. Salah satu kegunaan utama dari Notepad adalah untuk melihat atau mengedit dokumen teks (.txt). Namun demikian, banyak pihak juga melihat Notepad adalah sebuah aplikasi sederhana yang dapat digunakan untuk membuat halaman web.

Untuk dapat melakukan pengaturan lebih jauh, Microsoft Windows menyediakan program Wordpad. Oleh karena Notepad hanya mendukung format yang sederhana, kita tidak dapat melakukan berbagai pengaturan dalam aplikasi ini. Berbagai jenis formating yang terdapat pada dokumen tidak akan kita temukan dalam aplikasi ini.

Kita dapat menyimpan file Notepad dalam bentuk Unicode, ANSI, UTF-8, atau big-endian Unicode. Format-format dokumen tersebut dapat mendukung fleksibilitas yang lebih tinggi dalam m,enggunakan berbagai jenis set karakter. Secara default, dokumen akan disimpan dalam format standar ANSI text.

Notepad merupakan salah satu aplikasi pengolah kata sederhana yang disertakan dalam sistem operasi Windows. Aplikasi ini diperkenalkan sejak pertama kali Microsoft memperkenalkan Windows. Oleh karena kesederhanaannya, kita tidak akan menemukan pengaturan dokumen yang bervariasi seperti yang kita temukan dalam program pengolah kata lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar