Sabtu, 19 Februari 2011

illegal logging

ILLEGAL LOGGING

Illegal Logging adalah issue penting di negeri ini. Yang kadang kurang populis berita dan critanya. Suatu hal yang ironi, negeri dengan jutaan hektar hutan hijau, cerita pembabatan hutan yang illegal hanya menjadi berita pinggiran. Illegal logging adalah kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat.
Illegal logging menuai banyak dampak buruk bagi masyarakat indonesia , maupun dunia. Dampak yang ditimbulkan adalah bukan hanya secara fisik atau ekonomi melainkan secara ekosistem dan kelangsungan hidup masyarakat seluruh dunia seperti terjadinya longsor dan banjir. Banjir dan tanah longsor di Indonesia telah memakan korban harta dan jiwa yang sangat besar. Ini sangat merugikan bangsa indonesia. Illegal Logging juga mengakibatkan berkurangnya sumber mata air di daerah perhutanan. Pohon-pohon di hutan yang biasanya menjadi penyerap air untuk menyediakan sumber mata air untuk kepentingan masyarakat setempat, sekarang habis dilalap para pembalak liar, lalu semakin berkurangnya lapisan tanah yang subur, Illegal Logging juga membawa dampak musnahnya berbagai fauna dan flora, erosi, konflik di kalangan masyarakat, devaluasi harga kayu, hilangnya mata pencaharian, dan rendahnya pendapatan negara dan daerah dari sektor kehutanan.
Dan penanggulangan yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kembali alam kita adalah dengan penentuan tujuan seperti terwujudnya pengamanan hutan, pemulihan tanah serta terwujudnya pelestarian hutan. Sedangkan alternatif action yang dilakukan adalah pengembangan pengelolaan hutan bersama masyarakat selain itu peningkatan pengawasan hutan dan penegakkan hukum serta pengembangan langkah intensif sebagai upaya preventif. Mensosialisasikan melalui stakeholder dan masyarakt luas disekitar hutan, serta menginformasikan melalui media cetak/elektonik.
Sumber :
http://agnessekar.wordpress.com/2009/07/04/illegal-loging-di-indonesia-harus-segera-ditanggulangi-untuk-menuju-good-governance/
http://hetikyuliati.blog.friendster.com/2008/11/dampak-illegal-logging-di-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar