Selasa, 12 Juni 2012

Penyebab Terjadinya CyberCrime

           Segi positif dari dunia maya ini tentu saja menambah trend perkembangan teknologi dunia dengan segala bentuk kreatifitasmanusia. Namun dampak negatif pun tidak bisa dihindari. Tatkala pornografi marak di media Internet, masyarakat pun tak bisa berbuat banyak. Seiring dengan perkembangan teknologi Internet,menyebabkan munculnya kejahatan yang disebut dengancybercrime atau kejahatan melalui jaringan Internet. Munculnya beberapa kasus cybercrime di Indonesia, seperti pencurian kartukredit, hacking beberapa situs, menyadap transmisi data oranglain, misalnya email dan memanipulasi data dengan cara menyiapkan      perintah yang tidak dikehendaki ke dalam programmer komputer.
           Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah melahirkan pergembangan hubungan internasional sehingga muncul globalisasi yang semakin menghilangkan batas-batas antar negara. Perkembangan teknologi informasi dan elektronika meningkat dengan perkembangan teknologi komputer dan informatika dan ternologi informasi yaite telekomunikasi melahirkan teknologi internet.
           Teknologi internet ini melahirkan berbagai macam dampak positif dan dampak negatif. Dampak negatif ini telah memunculkan berbagai kejahatan mayantara (cyber crime) yang meresahkan masyarakat Internasional pada umunya dan masyarakat Indonesia pada khususnya. Kejahatan tersebut perlu mendapatkan tindakan yang tegas dengan dikeluarkan Undang-Undang terhadap kejahatan mayantara yaitu dengan dikeluarkan UU no. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Ekonomi, yang merupakan usaha untuk memberikan kepastian hukum tentang kerugian akibat cyber crime tersebut. Undang-Undang ini akibat dari lemahnya penegakan hukum yang digunakan sebelumnya yang mengacu pada KUHP dan peraturan perundingan lain seperti hak cipta, paten, monopoli, merek, telekomunikasi dan perlindungan konsumen. 
Adapun yang menjadi penyebab terjadinya cybercrime antara lain :
a.Akses internet yang tidak terbatas.
b.Kelalaian pengguna komputer. 
Hal ini merupakan salah satu penyebab utama kejahatan komputer.
c.Mudah dilakukan dengan alasan keamanan yang kecil dan tidak diperlukan peralatan yang super modern. Walaupun kejahatan komputer mudah untuk dilakukan tetapi akan sulit untuk melacaknya, sehingga ini mendorong para pelaku kejahatanuntuk terus melakukan halm ini.
d.Para pelaku merupakan orang yang pada umumnya cerdas,mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan fanatik akan teknologi komputer. Pengetahuan pelaku kejahatan komputer tentang cara kerja sebuah komputer jauh diatas operator komputer.
e. Sistem keamanan jaringan yang lemah.f. Kurangnya perhatian masyarakat. Masyarakat dan penegak hukum saat ini masih memberi perhatian sangat besar terhadap kejahatan konvensional. Pada kenyataanya pelaku kejahatankomputer masih terus melakukan aksi kejahatannya.
 
 Aktivitas pokok dari cybercrime adalah penyerangan terhadap content, computer system dan communication system milik oranglain atau umum di dalam cyberspace. Fenomena cybercrime memang harus diwaspadai karena kejahatan ini agak berbeda dengan kejahatan lain pada umumnya. Cybercrime dapat dilakukan tanpa mengenal batas teritorial dan tidak memerlukan interaksi langsung antara pelaku dengan korban kejahatan. Berikut salah satu cara penanggulangannya yaitu dengan cara Mengamankan sistem. Tujuan yang nyata dari sebuah sistem keamanan adalah mencegah adanya perusakan bagian dalam sistem karena dimasuki oleh pemakai yang tidak diinginkan.
Referensi :
http://www.scribd.com/doc/77637372/Makalah-CyberCrime
http://dumadia.wordpress.com/2009/02/03/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-terjadinya-cyber-crime/
aribimo.blogspot.com/2012/05/cyber-crime_10.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar