Rabu, 02 Juni 2010

WISATA BAHARI

Wisata bahari merupakan wisata air dimana kita dapat mengexplore kehidupan yang ada di bawah laut, misalnya kita dapat melihat terumbu karang atau berbagai jenis ikan didalamnya .
Wisata yang dapat dikunjungi :
PULAU UMANG
Tidak seperti umumnya susana laut yang panas dan gerah, Resort ini justru sebaliknya terasa nyaman. Hembusan angin yang seakan tidak ada hentinya terasa sejuk dan menyegarkan, ini dikarenakan masih lebatnya pepohonan di pulau tersebut. pembangunan resort di Umang tidak merusak alam dan ekosistem bahkan sangat bersahabat dan resort ini juga sebagai tempat tepat untuk menentramkan jiwa (healing).
Memang Umang merupakan pulau yang luar biasa, walaupun hanya seluas 5 hektar, pepohonan dan rumput tampak tumbuh subur padahal kalau serapannya air laut atau payau pasti tumbuhan di pulau tersebut tidak bisa subur. Manajemen Pulau Umang tak segan-segan ‘meng-import’ air dari daratan di Kecamatan Sumur dan sekitarnya bila musim kemarau datang.
Di pulaunya memang banyak ditanami pohon kelapa dan ketapang. Pulau yang hanya 15 menit bisa dikelilingi dengan berjalan kaki ini, juga memiliki pengembangan terumbu karang, namun tampaknya butuh kesabaran karena usianya yang masih muda. Kendalanya banyak karang yang rusak karena terinjak atau diambil oleh wisatawan maupun masyarakat sekitar, walaupun sudah ada peringatan berupa pembatas bambu.
PULAU PRAMUKA
Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini merupakan pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka termasuk ke dalam Kelurahan Pulau Panggang.Di pulau ini terdapat sarana pelestarian penyu sisik yang saat ini jumlahnya sudah sedikit sehingga dilindungi. Masyarakat yang mendiami Pulau Pramuka sebagian besar berasal dari Bugis, Tangerang dan Jakarta. Tata tempat tinggal dan sanitasi Pulau Pramuka cukup baik, sedangkan dalam bidang pendidikan sudah terdapat sekolah dari SD hingga SMA. Sarana pra sarana cukup memadai mulai dari masjid, rumah sakit, sekolah, dermaga, TPI (Tempat Pelelangan Ikan), villa dan penginapan bagi pengunjung wisata.Tapi sayangnya rumah sakit dan TPI masih belum beroperasi sampai saat ini. Apabila ingin melakukan perjalanan ke pulau lainnya di Kepulauan Seribu tinggal menyewa ojek perahu, anda langsung diantar ke Pulau Panggang, Pulau Karya, Pulau Semak Daun dan lainnya.



PULAU BIDADARI
Pulau Bidadari letaknya tidak jauh dari Teluk Jakarta. Jika ditempuh dari Marina Ancol hanya membutuhkan 25 menit perjalanan. Bahkan dengan kapal yang lebih kecil, perjalanannya bisa disingkat menjadi 10 menit saja. Untuk mencapai Pulau Bidadari memang biasanya melalui Marina Ancol. Ada dua pilihan yang diberikan oleh PT Seabreez, mengunjungi dengan menginap atau pulang pergi saja. Alternatif lain untuk mencapai Pulau Bidadari adalah melalui Kamal dengan perahu sewaan yang biasa mengantar para pemancing. Dengan kapal melalui Marina Ancol, harga bberkunjung ke Pulau Bidadari yang ditawarkan pengelola sudah termasuk biaya boat yang mengantar kita ke pulau dan saat kembali ke Marina. Sementara melalui Kamal, kita membayar sendiri biaya ojek perahu dan sepertinya jarang sekali ada pengunjung datang ke Pulau Bidadari dari Kamal kecuali para pemancing yang memang menyewa perahu pulang-pergi.Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau bersejarah di gugusan pulau-pulau lain yang memiliki nilai sejarah bagi perkembangan kota Jakarta. Sebagai sebuah gugusan pulau, Pulau Bidadari berdekatan dengan Pulau Onrust, Pulau Kelor dan Pulau Cipir. Jika Pulau Onrust merupakan galangan kapal VOC, Pulau Bidadari adalah pulau pertahanan dimana diletakkan benteng Martello.
PULAU KARIMUN
Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektar dan perairan ±110.000 hektar, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.
PULAU TIDUNG
Pulau Tidung terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat. Pulau yang merupakan bagian dari Jakarta ini terdiri dari dua pulau, yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Untuk mencapainya, saya dan beberapa kawan berangkat dari pelabuhan Muara Angke, yang juga berada di Jakarta, dengan menggunakan public boat dengan tarif Rp 33 ribu per orang. Dari Muara Angke, kapal berangkat setiap pagi hari pukul 07.15 Waktu Indonesia Barat (WIB).Waktu tempuhnya relatif lama, yakni sekitar tiga jam. Tapi jangan khawatir dengan kebosanan. Sebab, di sepanjang perjalanan, pulau-pulau akan menjadi pemandangan yang menarik, termasuk rombongan burung-burung yang mencari ikan di laut.



PULAU SEPA
Pulau Sepa adalah salah satu pulau mempunyai pasir pantai yang baik di kepulauan seribu, dimana pantai pasir putih sekeliling pulau Sepa masih alami Jakarta dan belum di blok oleh bebatuan. Pulau Sepa berjarak sekitar 65 kilometers dari Marina ancol Jakarta utara, untuk mencapai resort ini
pengunjung dapat menggunakan speed boat dari Marina Ancol Jakarta sekitar 90 menit perjalanan. jadi cukup dekat khan dibanding lokasi pantai sekitar Jakarta yang ada di daerah anyer Lokasi yang cukup jauh di Jakarta membuat Sepa menjadi salah satu tempat untuk dapat menikmati pemandangan dibawah laut, Snorkeling hanya diseputaran pulau sepa cukup bagus sehingga pulau Sepa mendapat julukan “little Bali” , The Paradise for Diver. di pulau sepa terdapat beberapa spot dive yang cukup baik.

PULAU KOTOK
Pulau Kotok merupakan contoh pulau atoll tropis dengan vegetasi yang masih asli, laut yang jernih dan formasi batu karang berwarna-warni sehingga menjadi tujuan utama para penyelam. Pulau ini juga sebagai tempat konservasi burung Elang bondol yang menjadi maskot provinsi DKI Jakarta. Pulau kotok dapat ditempuh dengan speed boat hanya 90 menit dari marina ancol. pulau kotok merupakan pulau yang mempunyai nuansa alam yang begitu menawan. Disana masih banyak pepohonan serperti hutan , tetapi tertata dengan rapi. Di pulau kotok merupakan tujuan para turis turis yang ingin berwisata menikmati keindahan laut, atau alam yang begitu asri.Pulau kotok mempunyai cottage yang begitu unik. karena cottage nya berada di atas pohon besar. kami namakan tree house. dari cottage tersebut anda dapat melihat hamparan laut yang begitu luas. suatu pengalaman yang luar biasa.Pulau kotok terbagi 2 bagian yaitu kotok barat (kotok kul kul ) dan kotok timur (kotok coconut). tetapi untuk kotok coconut sudah tidak operational lagi/ sudah tutup.Pulau kotok mempunyai pantai yang indah dan culup luas, bentuk dermaga yang begitu unik. serta mempunyai floating restoran/ restoran diatas laut. jika anda ingin snorkeling sehabis makan direstoran anda dapat menuju langsung ke laut. karena direstoran tersebut terdapat tangga kebawah menuju laut.

SELAMAT BERWISATA BAHARIII …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar